1.1.        Profil Program Studi

Program Studi Magister (S2) Fisika FMIPA Universitas Sriwi­jaya berdiri pada tahun 2014 melalui mandat dari DIKTI berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 72/E.E2/DT/2014 tertanggal 28 Januari 2014.  Pada tahun pertama S2 Fisika berdiri baru memiliki 8 orang staf dosen dan 7 orang mahasiswa. Dari pertama berdiri sampai tahun akademik 2016, jumlah mahasiswa yang diterima baru berjumlah  25 orang orang. Saat ini jumlah dosen Program Studi S2 Fisika sudah mencapai 12 orang sementara  jumlah ma­hasiswa aktif  sampai November 2016 adalah 20 orang.

Program Studi (PS) S2 Fisika, sesuai dengan namanya, adalah program studi dengan integritas pada upaya memajukan ilmu fisika, baik sebagai teori maupun terapan. Jatidiri prodi ditunjukkan melalui produk pemikiran para staf dosen dan lulusan yang konsepsional, teliti, dan kritis berdasarkan prinsip dasar dan pengukuran yang benar, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.     

Dalam usaha untuk menghasilkan magister fisika yang berkualitas dan mampu berperan aktif di masyarakat dan industri, telah dilakukan berbagai upaya pembenahan pada kurikulum melalui workshop evaluasi kurikulum yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 September 2016. Pengembangan berbagai minat keilmuan melalui kolaborasi ilmiah dalam kegiatan penelitian dosen dan tesis mahasiswa melalui beberapa Program Kerjasama Penelitian (PKS) dengan instansi penelitian pemerintah.

1.2.          1.2.       Visi program studi

Menjadikan Program Studi S2 Fisika yang unggul berbasiskan keilmuan dan riset di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang Fisika Teori dan Komputasi, Pengajaran Fisika, Sains Material, eksplorasi sumber daya alam dan mitigasi bencana alam di tahun 2026

1.3.          1.3.       Misi program studi

  1. Menyelenggarakan pengajaran dan pendidikan fisika yang akuntabel untuk menghasilkan tenaga yang profesional serta mampu bersaing secara global.
  2. Mengembangkan berbagai gagasan baru dan orisinal sebagai kontribusi bagi perkembangan ilmu fisika dan terapannya melalui berbagai kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah.
  3. Mengupayakan penerapan dan transformasi berbagai gagasan inovatif dalam bidang ilmu fisika dan terapannya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  4. Melaksanakan kerjasama institusional dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam bidang pendidikan/pengajaran, riset dan penerapannya untuk pengembangan sumberdaya manusia dan alam.

1.4.        Tujuan program studi

  1.  Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan YME
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan inovatif dalam  pengembangan Fisika Teori dan Komputasi, Pengajaran Fisika, Fisika Material, pengelolaan dan pengembangan potensi SDA serta mitigasi bencana alam yang siap berperan di masyarakat.
  3. Meningkatkan kolaborasi institusional dalam pengembangan dan penerapan ilmu fisika baik dalam maupun luar negeri

1.5. Sasaran Program Studi

Sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah diuraikan di atas, sasaran penyelenggaraan Program Studi S2 Fisika Universitas Sriwijaya dalam 5 tahun ke depan:

  1. Mendapatkan calon mahasiswa dengan kualifikasi akademik maupun aspek penunjang lainnya yang baik
  2. Menghasilkan lulusan Magister (S2) Fisika yang mampu bersaing dalam memecahkan berbagai masalah yang terkait dengan bidang fisika & terapannya 
  3. Mampu menyampaikan dan menyebarkan hasil kajian dan riset dalam berbagai forum ilmiah dan publikasi jurnal nasional terakreditasi dan internasional bereputasi
  4. Meningkatkan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat untuk memecahkan berbagai permasalahan sesuai dengan pengembangan ilmu fisika dan terapannya
  5. Meningkatkan jumlah kolaborasi pendidikan/pengajaran, riset dan penerapannya dengan institusi baik dalam maupun luar negeri
Tracer Study MIPA

LINK

Please, enter your name
Please, enter your phone number
Please, enter your e-mail address Mail address is not not valid
Please, enter your message
© 2017 Jurusan Fisika Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya

Pencarian