KBI Elinkomnuk

Berbeda dengan kampus lain, Jurusan Fisika FMIPA di Universitas Sriwijaya mengadakan program peminatan kelompok bidang ilmu (KBI) untuk mahasiswa semester lima jenjang pendidikan S1, salah satunya yaitu ELINKOM NUKLIR (Elektronika Instrumentasi, Komputasi dan Nuklir). Pada dasarnya Program peminatan ini diadakan  untuk menyeimbangkan antara ilmu-ilmu murni dan rekayasa teknik, yaitu pengembangan ilmu dan penerapan ilmu. KBI ELINKOM NUKLIR mengupayakan pendidikan dalam bidang yang umumnya mempelajari ilmu murni, khususnya fisika, rekayasa khususnya teknik elektro, komputasi (pemrograman komputer) serta bidang nuklir khusunya radiasi dan reaktor. Mahasiswa yang memilih KBI ELINKOM NUKLIR akan dididik secara khusus untuk lebih  mendalami dan memahami dunia elektronika instrumentasi komputasi serta nuklir. Peminatan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan atau sarjana yang ahli,serta kompeten dalam menganalisis, menduplikasi, merancang, mengembangkan dan melakukan inovasi, alat-alat instrumentasi elektronika industri maupun sains, perancangan reaktor dan dosimetri serta proteksi radiasi.

KBI Geofisika

KBI Geofisika memiliki tujuan untuk melakukan penelitian dan perkuliahan terkait dengan bidang geofisika sesuai minat dan bakat mahasiswa Fisika. Didukung pula oleh sarana dan prasarana yang lengkap baik untuk perkuliahan, praktikum, perpustakaan, dan penelitian. Geofisika adalah ilmu yang mempelajari bumi berdasarkan prinsip-prinsip ilmu fisika, meliputi mekanika, gelombang, elektromagnetik dan kalor. Pemahaman dasar-dasar ilmu fisika diberikan mulai dari semester 1 hingga semester 4. Mulai semester 5, mahasiswa akan dikenalkan dan diajarkan ilmu geologi dasar dan geologi struktur.

KBI Teori & Material

Jurusan fisika berdiri pada tanggal 6 Maret 1989,  jurusan  fisika memiliki tiga kajian Kelompok Bidang Ilmu (KBI), salah satu nya kajian Kelompok Bidang Ilmu (KBI) Fisika Teori dan Material pengelompokan ini bertujuan menghasilkan sarjana fisika  yang kompeten  dan ahli dalam pemodelan dan perhitungan  teoritik , sintesis, karakterisasi dan analisis sifat-sifat listrik, magnetik,optik serta system Kristal pembentuk material sehingga dapat membuat suatu teknologi atau alat yang berguna bagi masyarakat umum. Kelompok Bidang Ilmu (KBI) Fisika Teori dan Material mempelajari kosep dasar kuantum dan fisika klasik, energi baru dan terbarukan, sifat material nanoteknologi, metode pembuatan nanoteknologi dan aplikasi nanoteknologi dalam kehidupan sehari-

KBI. Oseanografi Fisis & Sains Atmosfer

Kelompok bidang ilmu (KBI) OFSA adalah salah satu KBI baru di jurusan Fisika Universitas Sriwijaya yang terbentuk pada pertengahan tahun 2017, sebelumnya bidang ilmu ini merupakan bagian dari bidang ilmu geofisika.  Progran peminatan ini diadakan  bertujuan  mengarahkan mahasiswa dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan di bidang Osean (samudera dan laut) dan atmosfer (atmosfer dan interaksinya dengan laut dan samudera). Lulusan atau sarjana yang diharapkan dari KBI OFSA merupakn ahli dan  kompeten dalam menganalisis, memprediksi, atau mengeksplorasi samudera dan interaksi atmosfir serta proses yang berkaitan diantara keduanya.

Tracer Study MIPA

LINK

Physics News
Pengumpan tidak ditetapkan
Please, enter your name
Please, enter your phone number
Please, enter your e-mail address Mail address is not not valid
Please, enter your message
© 2017 Jurusan Fisika Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya

Pencarian