Workshop Evaluasi Kurikulum Program Magister (S2) Fisika dan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Berdasarkan surat Dirjen Dikti no 72/E.E2/DT/2014 tanggal 28 Januari 2014 tentang Penugasan Penyelenggaraan Program Studi, Fakultas MIPA adalah salah satu Fakultas di Universitas Sriwijaya yang menerima mandat dari Dikti untuk melaksanakan program magister (S2) Fisika. Mandat tersebut telah dilksanakan berdasarkan SK Menteri No 40/E/O/2014 tanggal 29 April 2014 dan Rektor No 161/UN9/DT/2014 tanggal 7 April 2014 tentang Pembukaan dan Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Program Magister (S2) Program Studi Fisika Pada Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.  Dalam proses pembelajaran, kurikulum pendidikan S2 Fisika memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi.

Setelah 2 tahun penyelenggaraan program magister ini, maka pada hari Rabu (14/09/2016), Program Studi Magister (S2) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan Workshop Evaluasi Kurikulum Program Magister (S2) Fisika dengan narasumber Prof. Dr. Triyanta Fisika ITB dari Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dengan narasumber Dr. Azhar Kholiq Affand. Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengevaluasi kurikulum S2 Fisika,  menyebarluaskan pedoman penyusunan RPS kepada dosen pengampu mata kuliah, dan menyusun RPS matakuliah sesuai dengan perkembangan kemajuan ilmu dan teknologi. Dalam paparannya, Prof. Triyanta menyampaikan bahwa guna tercapainya kompetensi lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam bidang fisika melalui penelitian, pendekatan inter dan multidisipliner, mampu mengelola riset dan mengembangkanya sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional, kurikulum S2 Fisika harus direvisi. Kurikulum harus memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Oleh karena itu kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

Hadir dalam workshop Evaluasi kurikulum ini Dekan Fakultas MIPA Bapak Drs. Muhammad Irfan, MT., Ketua Jurusan Fisika Bapak Drs. Octavianus C. Satya, MT., Ketua Prodi S2 Fisika Ibu Dr. Fitri Suryani Arsyad, para dosen, mahasiswa magister fisika, dan stakeholder.(@fsa)

Tracer Study MIPA

LINK

Physics News
Pengumpan tidak ditetapkan
Please, enter your name
Please, enter your phone number
Please, enter your e-mail address Mail address is not not valid
Please, enter your message
© 2017 Jurusan Fisika Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sriwijaya

Pencarian